Widgets

5 Gedung Pencakar Langit yang Ambruk

,
Tentu kita masih ingat dengan ambruknya bangunan kembar WTC yang berdiri di pusat Kota Manhattan, New York, akibat serangan teroris yang menabrakan pesawatnya ke gedung tersebut. Meski penyebab utama runtuhnya Menara Kembar tersebut masih simpang siur. Namun di antara beberapa bangunan pencakar langit di dunia yang runtuh, kebanyakan disebabkan oleh para kontraktor dan pemilik gedung yang melanggar prosedur pembangunan gedung. Berikut uniknya.com merangkum 5 gedung pencakar langit yang ambruk di dunia:
1. Katowice Trade Hall, Silesia, Polandia


Katowice Trade Hall, Silesia, Polandia (sumber:blogspot.com,uniknya.com)



Sebuah peristiwa mengejutkan rakyat Polandia pada 28 Januari 2006 lalu. Di tengah suasana musim dingin, sebuah pameran bertajuk 56th National Exhibition of Carrier Pigeons tengah berlangsung di gedung Katowice Trade Hall. Pameran yang dihadiri oleh kurang lebih 700 orang pengunjung, ini menjadi berakhir mengerikan ketika bangunan gedung ambruk setelah tidak mampu lagi menahan beban salju yang ada ditopangnya. Akibatnya beberapa pengunjung cedera, dan terjebak di dalam reruntuhan, bukan itu saja mereka terancam mati kedinginan karena suhu musim dingin yang ekstrem.
Berdasarkan hasil penyelidikan, bangunan tersebut ambruk karena tidak lagu mampu menahan berat salju yang tertampung di atas atap bangunan. Selain itu, kurangnya pengawasan dan pemeliharaan gedung dijadikan penyebab utama ambruknya gedung. Akhirnya sebanyak 65 orang dinyatakan tewas dan 170 orang dinyatakan terluka. Berdasarkan hasil penyelidikan, pihak yang bertanggung jawab atas robohnya Katowice Trade Hall, di Kota Silesia, Polandia, adalah pemilik gedung serta arsitektur.
2. Sampoong Department Store, Seoul, Korea Selatan


Sampoong Department Store, Seoul, Korea Selatan (sumber:blogspot.com,uniknya.com)



Sementara pada 29 Juni 1995, dalam waktu 20 detik sebuah gedung pusat perbelanjaan Sampoong Departemen Store yang berlokasi di Kota Seoul ambruk. Peristiwa itu mengakibatkan 502 orang tewas dan 937 orang terluka. Berdasarkan penyelidikan robohnya gedung perbelanjaan tersebut diakibatkan oleh  adanya kesalahan pada konstruksi, bahan bangunan dan fungsi gedung tersebut. Berdasarkan keterangan dari pemilik gedung, Lee Joon, sebenarnya gedung tersebut akan digunakan sebagai pusat perkantoran. Namun atas kebijakannya, makan fungsi dan tujuan gedung tersebut berubah menjadi pusat perbelanjaan, sehingga konstruksi bangunannya pun tidak secara kesuluruhan memenuhi prosedur pembangunan gedung pusat perbelanjaan.
Bahkan untuk meubah cetak biru bangunan saja cukup sulit, seperti harus menghancurkan sebuah ruangan untuk memasangkan tangga berjalan yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lain. Dan ketika pihak kontraktor enggan dan menolak untuk melakukannya, Lee memecat mereka, dan menyewa kontraktor baru yang mau melanjutkan proyek pembangunan gedung tersebut. Dalam proyek selanjutnya Lee menambahkan lima lantai baru, dan tidak memperdulikan peringatan serta prosedur pembangunan gedung. Akibat berbagai penambahan lantai serta perlengkapan penunjang gedung seperti ac, generator dan lain sebagainya, Sampoong mengalami kelebihan beban.
Sebenarnya pada  April 1995, sebuah retakan sudah terlihat dan terjadi di beberapa titik gedung, namun hal tersebut dibiarkan saja. Retakan tersebut semakin panjang dan membesar di hari yang tragis, namun meski demikian pihak gedung tidak melakukan evakuasi apa pun demi mendapatkan keuntungan dari pengunjung yang banyak berdatangan. Akibatnya tujuh menit sebelum gedung tersebut runtuh, alarm peringatan pun berbunyi bersamaan dengan ambruknya bagian-bagian bangunan. Tetapi peringatan alarm tersebut dirasakan terlambat karena dalam 20 detik gedung tersebut ambruk dan menjebak 1.500 orang yang ada di dalamnya.
3. Runtuhnya Tiga Gedung, Rio, Brazil


(sumber:blogspot.com,uniknya.com)



Lain lagi yang terjadi di Rio de Janeiro, Brazil, sebuah gedung tertinggi di kawasan tersebut tiba-tiba jatuh ambruk, dan menimpa gedung yang ada di samping, dan itu pun terjadi ke gedung samping lainnya, hingga total 10 bangunan yang ambruk di hari mengenaskan itu. Kota Rio saat itu seperti dihujani badai debu terutama di jalanan Alun-Alun Cinelandia, dan 17 orang korban dinyatakan tewas.
Namun jika kejadian tersebut terjadi beberapa jam sebelumnya, maka dipastikan  akan lebih banyak orang yang menjadi korban tertimpa reruntuhan gedung. Dan beruntung juga kompleks bangunan kantor tersebut letaknya berjauhan dengan pemukiman warga, gedung pusat pemerintahan.
Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh parat yang berwenang di Brazil, runtuhnya bangunan berlantai 20 tersebut diakibatkan oleh konstruksi bangunan yang tidak sesuai dengan prosedur pembangunan gedung.  Dan ketika bangunan tersebut roboh, maka gedung-gedung yang ada disekitarnya pun merasakan imbasnya.
Bagi pemerintah dan aparat negara Brasil peristiwa yang terjadi pada 29 Januari 2012 ini, merupakan peringatan serius, karena pada 2014 akan diselenggarakan ajang bergengsi taraf internasional, Piala Dunia Sepakbola FIFA.
4. Hotel New World, Singapura


Hotel New World, Singapura (sumber:blogspot.com,uniknya.com)



Di kawasan Asia Tenggara, peristiwa ambruknya sebuah bangunan pun terjadi. Peristiwa ini berlangsung pada 15 Maret 1986, ketika Hotel New World ambruk rata ke tanah dalam waktu 60 detik. Dan bukan bangunan Hotel New World saja, bahkan bangunan bank dan klub malam pun turut ambruk mengubur 50 orang yang ada di dalamnya. Bagi Singapura peristiwa ini adalah yang terburuk setelah Perang Dunia II dan sangat mengejutkan.
Peristiwa ini merupakan misi penyelamatan dan pemulihan yang dilakukan oleh Angkatan Pertahan Sipil yang baru dibentuk oleh pemerintah Singapura, dan memakan waktu selama tujuh hari. Bukan itu saja, para insinyur dan ahli-ahli lainnya pun didatangkan oleh pemerintah Singapura dari berbagai negara, guna menyelidiki dan membantu sebuah operasi penyalamatan. Dan terbukti proses pencarian tersebut mampu menyelamatkan 17 orang yang terjebak di dalam reruntuhan bangunan.
Setelah dilakukan sebuah penelitian, para penyelidik menemukan bahwa telah terjadi sebuah kesalahan fatal pada rancangan bangunan yang asli. Para penyelidik menemukan bahwa konstruksi bangunan tidak dirancang untuk menahan beban yang seharusnya.
5. Apartemen, Shanghai, China


(sumber:blogspot.com,uniknya.com)”] 



Lain lagi cerita ketika pada 27 Juni 2009, sebuah bangunan apartemen berlantai 13 yang didirikan tidak jauh dari Sungai Lotus, Shanghai, China, roboh ketika masih dalam proses pengerjaan. Namun beruntung ketika peristiwa tersebut terjadi, para pekerja bangunan masih bisa melarikan diri ketika mereka merasakan ada sesuatu yang tidak beres. Namun ada satu pekerja yang tidak beruntung, karena ia terlalu banyak menghabiskan waktu mengumpulkan peralatan kerjanya. Dan ketika gedung mulai ambruk, ia melompat keluar jendela dan tewas akibat terjatuh.
Berdasarkan penyelidikan, ambruknya bangunan tersebut diakibatkan karena gerakan tanah yang tidak stabil. Karena lokasi pembangunan gedung yang berdiri di permukaan tanah yang berdekatan dengan sungai.

0 comments to “5 Gedung Pencakar Langit yang Ambruk”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

17ten Info Copyright © 2011 | >