Widgets

Hindari Gaji Cepat Menguap dengan Tips Ini

,

Waktu gajian tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu kebanyakan orang. Namun, pernahkah Anda merasakan gaji yang diterima tiba-tiba habis begitu saja, padahal merasa baru menerimanya?

Terkadang Anda menyalahkan gaji yang kecil sebagai penyebab kondisi tersebut. Namun, harusnya Anda perhatikan lagi, apakah gaji yang dimiliki benar-benar kurang atau Anda yang tak bisa mengelola dengan benar?

Banyak orang yang tidak sadar kalau pengelolaan uang yang dilakukan tidak tepat sehingga menyebabkan gaji yang masuk hanya lewat saja dan kemudian habis tak bersisa.

Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diperbaiki kalau Anda cermat mengatur uang. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar gaji yang Anda miliki tidak cepat menguap.

1. Klasifikasikan Pengeluaran
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengklasifikasikan pengeluaran, mana yang merupakan prioritas dan mana yang hanya bersifat tambahan. Anda harus jeli dan cermat dalam mengatur pengeluaran sehingga kebutuhan yang penting dapat terpenuhi dahulu. Pengeluaran utama berkaitan dengan biaya tempat tinggal, makan, transportasi, serta tagihan bulanan.
Sementara yang termasuk ke dalam pengeluaran tambahan adalah hiburan, tren, dan lainnya. Jika sudah bisa mengelompokkan kedua kebutuhan tersebut, Anda bisa menunda pengeluaran yang tidak penting sehingga dapat berhemat.

2. Mencari Pengeluaran yang Dapat Dipangkas
Cobalah untuk memilih-milih pengeluaran mana yang dapat dipangkas sehingga dapat menghemat pengeluaran. Misalnya, jika Anda berlangganan tv kabel, coba pikirkan kembali, apakah hal tersebut benar-benar berguna untuk Anda atau tidak. Jika tidak mendukung pekerjaan, akan lebih baik mematikannya saja karena Anda harus membayar tagihan tiap bulannya.

3. Jangan Menunda Bayar Tagihan
Tagihan-tagihan bulanan akan lebih baik kalau segera dibayar. Hal ini terkait dengan denda yang bisa didapatkan bila Anda telat untuk membayarnya. Selain itu, cara ini juga menghindarkan uang yang seharusnya dibayarkan untuk tagihan terpakai untuk hal-hal yang tidak penting.
Pembayaran tagihan yang telat juga bisa mendatangkan masalah nantinya dan tentu membuat pengeluaran menjadi membengkak. Untuk itu, pastikan membayar tagihan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

0 comments to “Hindari Gaji Cepat Menguap dengan Tips Ini”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

17ten Info Copyright © 2011 | >