Widgets

Lima Gangguan Kesehatan yang Akan Muncul Jika Sering Tidur Dekat Gadget

,


Gadget merupakan sesuatu yang mebuat segala aktivitas kita menajadi lebih mudah dan cepat sehingga sangat sulit untuk ditinggalkan. Tidak heran, seringkali gadget kamu biarkan tergeletak di dekatmu saat sedang tertidur.

Tapi tahukah kamu membiarkan gadget berada didekatmu saat tidur ternyata sangat tidak baik dan dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Ya, mulai dari permasalahan kulit hingga tumor otak berpotensi menyerang tubuhmu. Sebelum terlambat, yuk kita simak penjelasan di bawah ini berdasarkan dari laman Avoskin.com beserta seorang ilmuwan kesehatan lingkungan Dr.Devra Davis

1. Kanker 

Tidur di dekat gadget itu bisa membuatmu berpotensi untuk kena kanker. Radiasi dari ponsel dapat mempengaruhi pembelahan sel menjadi tidak tekendali. Sel jahat ini menyerang jaringan terdekat yang sering bersentuhan dengan gadget. Tangan hingga perut bisa jadi sasarannya, lho.


2. Sulit tidur 

Risiko lainnya kalau kamu meletakkan gadgetmu di dekatmu saat tidur adalah kamu enggak bisa tidur. Gimana bisa tidur? Kita bakalan tergoda untuk memainkan gadget kita sekedar untuk membalas chat enggak bermutu dari sobat atau scrolling timeline sosial media punya gebetan. Alasannya 5 menit lagi tidur, eh malah bablas sejam kemudian. Tidakkk, anda harus bisa hentikan kebiasaan yang buruk ini.


3. Tumor otak 

Seperti yang diketahui gadget memiliki gelombang radiasi yang tinggi sehingga bisa memicu sel-sel abnormal atau neoplasma pada otak. Akibatnya regenerasi sel tidak berjalan dengan seharusnya. Berdasarkan beberapa kasus yang telah terjadi, ternyata tumor otak lebih sering dialami oleh orang produktif dalam usia produktif dan anak-anak. Dikutip dari laman halosehat, menurut seorang ilmuwan kesehatan lingkungan yang bernama Dr. Devra Davis menyatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak 50% lebih mudah menyerap lebih banyak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa. Dimana tengkorak mereka lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang electromagnetic lebih mudah menembus ke otak mereka.


4. Kepala pusing 

Sering merasa pusing usai melihat layar gadget? Sepertinya gelaja seperti ini kerap dialami para pengguna gadget. Menurut hasil survei, orang-orang yang setiap harinya menghabiskan hampir 7 jam sehari menatap layar ponsel mereka lebih sering mengalami sakit kepala. Hal itu akan semakin sering terjadi bila ditambah dengan meletak gadget di dekatmu saat tidur.


5. Menghambat metabolisme tubuh 

 Membiarkan ponsel menyala akan membuat kualitas tidurmu kurang baik. Kok bisa? Ya, secara tidak sadar ketika gadget masih disebalahmu, maka pikiranmu masih akan tertuju pada informasi yang terdapat pada ponsel. Entah ingin melihat notifikasi pada gadget, atau sekedar membuka aplikasi media sosial. Selain itu, paparan radiasi gadget juga mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh sehingga membuatmu sulit untuk tidur. Padahal tau sendiri kan, tidur yang kurang akan menyebabkan beberapa gangguan metabolisme tubuh, termasuk pada kulit. Kurang tidur meningkatkan inflamasi yang memicu jerawat, kulit sensitif, alergi, dan iritasi lainnya. Jadi, saat jam tidur sebaiknya segeralah tidur dan tidak menaruh gadget berdekatan dengan kepalamu.

0 comments to “Lima Gangguan Kesehatan yang Akan Muncul Jika Sering Tidur Dekat Gadget”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

17ten Info Copyright © 2011 | >