Widgets

China Tindak Keras Penyebar Rumor Kiamat

,

Beijing (AFP/ANTARA) - China menahan sejumlah orang, beberapa dari mereka merupakan anggota sekte kiamat, sebagai bagian penindakan keras secara nasional atas rumor mengenai dugaan kedatangan kiamat, tutur media pemerintah pada Senin.

Para aparat di lima wilayah berbeda sudah menahan 52 orang karena menyebarkan prediksi mengenai “kiamat” pada 21 Desember terkait kalender kuno suku Maya, seperti dilaporkan kantor berita pemerintah Xinhua.

Prediksi akhir dunia tersebut memperoleh liputan secara luas di China, berkat kesuksesan film bencana buatan Hollywood ‘2012’ yang terinspirasi dugaan ramalan Suku Maya.



Para aparat menahan 34 orang di provinsi timur Fujian dan dua lainnya di pusat kota Wuhan yang menyebarkan selebaran mengenai kiamat di fasilitas transportasi, kata laporan tersebut.

“Beberapa oknum merekayasa dan menyebar rumor mengenai ‘akhir dunia’, menimbulkan masalah dengan menipu orang untuk mengeluarkan uangnya, dan mengganggu ketertiban sosial,” tutur kepolisian kota besar Chongqing sebagaimana dikutip laporan tersebut.

Sebuah kelompok Kristen yang dikenal sebagai “Almighty God”, yang dijuluki sekte setan oleh media yang dikuasai pemerintah, julukan serupa yang diberikan kepada sekte terlarang Falun Gong, juga menjadi sasaran penumpasan isu kiamat, dengan laporan sejumlah penahanan pekan lalu.

37 anggota Almighty God ditahan di provinsi barat laut Qinghai, kata harian Global Times yang dikuasai pemerintah, sembari menambahkan bahwa kelompok tersebut memperkirakan tiga hari kegelapan yang akan dimulai pada 21 Desember. (ac/pt)

0 comments to “China Tindak Keras Penyebar Rumor Kiamat”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

17ten Info Copyright © 2011 | >